Thursday, May 31, 2018

Cara Memutihkan Kulit yang Menghitam Akibat Sinar Matahari


Finally, I can make this post happen! Karena sejujurnya saya sering browsing tentang 'how to lighten the skin from sun tan' dan akhirnya saya memiliki solusinya sendiri. Haha. Ada yang senasib dengan saya? Kulit orang Indonesia memang rentan sekali dengan sun tan (kulit yang menghitam karena matahari), soalnya matahari bersinar sepanjang tahun. Jadi, sun tan memang nggak bisa dihindari.

Oke, di sini saya akan cerita sedikit tentang kulit saya, sedikit konfirmasi sih karena terkadang kesal kalau ada yang bilang, 'Kok lu putihan? Perasaan dulu nggak seputih ini', atau 'Bukannya dulu item?'. Nggak sekalian mengira saya suntik putih aja gitu? Haha. Jawabannya adalah, yang jadi teman saya dari TK atau SD atau dari dulu pokoknya, pasti udah tahu kalau saya putih dari sono-nya.

Saya memang terlahir putih, ya mau bagaimana lagi? LOL. *sombong dikit* Sayangnya, dulu saya memang nggak pandai merawat kulit. Baru beberapa tahun belakangan ini aja rajin, karena memang tuntutan umur ya :'D Jadi, kulit asli saya itu sebenarnya cenderung light to fair. Bapak saya aslinya putih, ibu saya pun begitu, mungkin itu yang membuat saya terlahir dengan kulit light to fair.

Namun, semenjak SD, saya sering melakukan kegiatan di luar. Hal yang paling diingat sampai saat ini adalah: renang membuat kulit saya menjadi lebih gelap dari kulit asli saya. Jaman masih kecil memang belum pakai apa-apa, namanya juga anak-anak. Selain itu, anak-anak pasti nggak peduli dengan terik matahari yang menyengat, kan? Saat SMP, masih lah banyak yang bilang 'Kamu pake bedak ya?', 'Kamu pakai stocking ya?'. Padahal saya punya kedua item tersebut aja nggak. Wkwk. Pas SMA, kulit semakin gelap karena saya masih belum pakai apa-apa. Walaupun masih tergolong putih, tapi tetap nggak seputih kulit asli saya. Hehe. Teman-teman saya pake pelembap ini-itu dari SMP, saya sampai SMA pun belum memakai apa-apa. Memang sepolos itu sih saya dulu. Barulah akhir SMA saya menggunakan body lotion, pembersih-penyegar, dan face wash.

Jadi, begitu ceritanya. Kesannya kaya saya obsessed banget dengan kulit putih ya? Haha. Sebenarnya, saya hanya ingin mengembalikan warna kulit asli aja sih, biar nggak belang-belang badannya. Sekarang pun sebenarnya masih belum seputih saat kecil, tapi setidaknya udah membaik karena kulitnya saya rawat. Kan udah mbak-mbak ya, jadi udah sadar tentang merawat kulit.

Nah, karena kulit saya sudah agak membaik dan bisa dibilang perawatan yang saya lakukan selama ini cukup sukses, saya akan membagikan tips-nya untuk kalian. Produk yang saya pakai ini mudah ditemukan, kok. Dan masih lebih murah dibandingkan harus perawatan ke klinik kecantikan. Kalian juga nggak perlu menggunakan produk-produk yang sama persis dengan yang saya punya.


STEP 1: Gunakan sabun pemutih (lightening soap) sebagai sabun mandi harian
Selama ini, sabun pemutih yang ampuh di kulit saya ya sabun dari Kojie San ini. Memang agak mahal dari sabun biasanya, yaitu sekitar 30 sampai 50ribuan per-kemasan besar, tapi sabun ini bagus! Agak ribet sih menggunakannya, kalian harus menunggunya sekitar 3-5 menit biar produknya menyerap dan bekerja ke kulit, but this has been my holy grail soap. Produk ini mengandung vitamin C dan kojic acid. Asam kojic-nya bisa mengelupaskan kulit mati dan vitamin C bisa membuat kulit lebih cerah.

Sayangnya, karena kandungan vitamin C-nya, kulit saya jadi rentan sinar matahari. Makanya, harus dilindungi biar nggak gosong lagi. Oiya, sabun ini juga gampang banget terkikis dan berubah bentuk setelah terkena air. Jadi, saya menyiasati dengan memotong sabunnya sampai ke ukuran cukup kecil seperti yang kalian lihat di foto. Hehe. Lumayan, bisa membuat pemakaian menjadi lebih lama.


STEP 2: Aplikasikan body lotion ber-SPF setelah mandi
Karena sudah memakai sabun dengan kandungan Vitamin C cukup tinggi, kulit akan jadi semakin rentan dengan sinar matahari. Makanya, saya pakai body lotion yang mengandung UVA-UVB Protection kalau saya hanya stay di rumah. Walaupun kandungan SPF-nya nggak sebanyak sunblock, setidaknya kulit kita akan tetap terlindungi. Hihi.


STEP 3: Aplikasikan sunblock ketika berada di luar ruangan
Ini nih yang wajib banget dipakai kalau keluar rumah. Sinar matahari itu kejam banget kan, guys. Jadi, lawan dong dengan sunblock. Sunblock-nya boleh apa saja kok, tapi saran saya sih minimal yang ber-SPF 30, karena terik matahari di Indonesia termasuk sangat kejam, jadi SPF-nya juga harus cukup kejam biar bisa melawan. Hehe. Oiya, walaupun sudah menggunakan sunblock, kalian juga tetap nggak boleh melakukan aktivitas outdoor terlalu lama lho katanya. Terutama dari pukul 8.00 a.m sampai 3.00 p.m. Jangan lupa juga untuk reapply sunblock ke kulit kalian supaya perlindungannya tetap maksimal.


STEP 4: Pakai body lotion/night lotion sebelum tidur
Sebelum tidur juga penting sih melindungi kulit. Sebenarnya, lebih bagus lagi kalau pakai body lotion khusus malam. Tapi, karena saya hanya punya Vaseline Aloe Vera ini, jadi saya pakai yang ini aja.  Aloe Vera memang bagus buat meredakan sun tan dan sunburn. Sayangnya, katanya juga membuat kulit kita jadi rentan sinar matahari, alias bisa bikin gosong. Jadi, daripada dipakai siang hari dan kulit menjadi lebih gosong, lebih baik pakai di malam hari aja.


STEP 5: Additional
Kalian juga bisa pakai lulur setiap dua minggu sekali untuk eksfoliasi kulit. Kalau kalian memiliki kulit sensitif dan kalian juga menggunakan sabun Kojie San tadi, lebih baik jangan pakai dua-duanya sekaligus. Jadi, di waktu kalian pakai lulur, jangan pakai Kojie San-nya juga. Hehe.

Hal-hal yang harus diperhatikan selama merawat kulit ini adalah:
1. Tetap tidak boleh terlalu lama berada di bawah sinar matahari
2. Konsisten
3. Sabar

Itu dia yang saya lakukan selama beberapa bulan terakhir ini. Memang sih, masih belum kembali seperti semula, tapi kulit saya sudah jauh lebih cerah dibandingkan sebelum perawatan ini. Untuk hasilnya sendiri, saya juga nggak memperhatikan berapa lama. Hehe. Pokoknya saya konsisten aja melakukan step-step di atas. Kuncinya memang harus sabar, karena perawatan ini nggak instan hasilnya.

Kalian juga harus konsisten menggunakan produk-produk di atas. Kalau nggak konsisten, sepertinya akan percuma juga. Hehe. Jangan lupa juga untuk nggak sering-sering berada di bawah sinar matahari langsung, karena sinar matahari itu jahat. Huhu. Semoga membantu ya! Happy trying!

2 comments:

  1. Aku aku aku korban sun tan hahahha, warna kulitku sawo matang, tapi bagian tubuh yg tertutp pakaian agak putih jadi belang2 banget, udah tobat gmn caranya biar biar cerah merata hahaha. Padahal udah rajin pakai lotion & sabun pemutih hahahah

    Meta,
    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu juga sempet desperate, tp gak tau kenapa pake cara yg ini tiap ketemu orang2 yg udh lama gk ketemu pasti dibilang putihan. Jd kupikir cara ini berhasil 😂

      Delete

Let me know your thoughts about this post, I'm happy to see it ;)