BASIC SKINCARE: Cleansing (Double Cleansing)

Setelah banyak me-review produk skincare, rasanya aku merasa sangat bersalah kalau ternyata beberapa dari kalian masih ada yang belum memahami jenis-jenis skincare. Untuk itu, aku membuat tema 'BASIC SKINCARE' supaya kalian tahu lebih tentang skincare dasar. Nah, kali ini mulai dari awal ya, yaitu pembersihan atau cleansing.

Jenis skincare yang satu ini bisa dibilang essential dan crucial sekali. Ya, karena kalau kita nggak membersihkan wajah kita dengan sempurna atau benar-benar bersih, skincare semahal apapun yang kalian pakai setelahnya tidak akan meresap dengan sempurna. Akibatnya, skincare tersebut pun nggak bekerja secara optimal di kulit.

Nah, cleansing pun sebenarnya nggak cukup kalau hanya satu step saja. Paling tidak, kalian harus memiliki 2 step cleansing untuk memastikan agar wajah kalian benar-benar bersih dari kotoran. Apalagi, untuk kalian yang suka menggunakan makeup, setelahnya kalian sangat wajib melakukan double cleansing. Bahkan, kalau kalian menggunakan makeup yang cukup tebal, melakukan triple cleansing pun perlu (baca artikel triple cleansing di sini).


TERM:
Lalu, apa itu double cleansing? Gampangnya begini, kalian menggunakan dua produk untuk melakukan cleansing. Kalau triple cleansing? Ya melakukan 3 step pembersihan. Hehe. Memang agak you don't say banget ya. Tapi, tapi..masih ada juga yang salah paham ternyata. Oiya, kalau triple cleansing sebaiknya memang nggak dilakukan setiap hari, karena kulit kalian bisa jadi akan kehilangan kelembapan alaminya kalau membersihkannya secara berlebihan.

Jadi, yang aku tahu tentang double cleansing selama ini adalah menggunakan dua produk berbeda pada tahap pembersihan muka. Dalam double cleansing, biasanya juga ada istilah first cleanser dan second cleanser.

PRODUCT EXAMPLES:


Seperti namanya, first cleanser itu yang dipakai pada step pertama. Biasanya sih pembersih seperti makeup remover atau micellar water. Kalian bisa melihat contoh-contohnya di atas. Jenis first cleanser itu banyak sekali, sudah pasti contoh di atas itu nggak lengkap. Hehe. Pokoknya, biasanya, first cleanser itu tidak dibilas. Tapi, ada juga sih yang dibilas, seperti cleansing oil atau cleansing balm. Pokoknya, tetap lihat petunjuk pemakaian produk tersebut aja.


Nah, kalau second cleanser itu, produk yang dipakai setelah first cleanser atau setelah kalian membersihkan muka menggunakan produk yang mengangkat kotoran. Second cleanser merupakan tahap akhir dari double cleansing. Biasanya, produk-produknya juga perlu dibilas dengan air. Ada yang berbusa, ada juga yang nggak berbusa.

Untuk masalah produk apa yang paling bagus digunakan, well, tetap tergantung dengan preferensi dan jenis kulit kalian. Makanya, memahami kulit kita sendiri itu juga penting, jadi jangan cuma memahami perasaan orang lain aja ya. LOL.

HOW TO USE:
Sebenarnya, kalau cara penggunaan sih relatif ya. Tergantung petunjuk yang ada di kemasan pembersih tersebut. Tapi, lebih baik kalian pakai masing-masing produk cuma sekali. Seperti yang aku bilang di atas, jangan sampai berlebihan memakainya.

Soalnya masih ada beberapa orang yang beranggapan kalau double cleansing itu menggunakan 1 produk secara dua kali. Contoh: pakai makeup remover dua kali = double cleansing. Well, that's totally wrong. Coba kalau produk yang dipakai adalah cleansing oil. Apa nggak lengket itu muka? Hehe. Beda lagi ya kalau kalian baru saja pakai makeup yang tebal, seperti makeup wisuda atau nikahan. Itu memang harus ekstra sih membersihkannya. Cuma, mungkin lebih baik pakai 3 produk yang berbeda alias triple cleansing kali ya. Biar wajahnya juga benar-benar bersih.

WHEN TO USE:
Membersihkan wajah itu cukup 2 kali sehari. Itu sudah maksimal. Kalau kalian rutin membersihkan wajah lebih dari 2 kali, wajah kalian bisa jadi kurang kelembapan. Kulit berminyak juga belum tentu sudah punya kelembapan cukup, lho. Jadi, walau kulit kalian berminyak, kalian juga cukup lakukan pembersihan wajah maksimal 2 kali sehari. Aku tahu, kayanya beberapa orang merasa risih dengan wajah berminyaknya, makanya kalian membersihkan muka lebih dari 2 kali. Hehe.

Waktu yang tepat untuk membersihkan wajah menurutku adalah pagi setelah bangun tidur, dan malam sebelum tidur. Kalau pagi, aku biasanya cuma pakai micellar water atau first cleanser yang ringan aja. Setelah itu, kalau aku mandi, aku cukup cuci muka pakai air. Cuma, kalau aku merasa wajah masih kurang bersih, aku juga akan pakai face wash atau second cleanser di pagi hari.

Jadi, itu yang aku lakukan sih. Hehe. Karena aku sempat nonton videonya Liah Yoo, membersihkan wajah cuma dengan air di pagi hari justru akan lebih melembapkan dan menyehatkan kulit. Sebum di wajah juga bisa jadi seimbang.

Nah, kalau malam, baru deh double cleansing. Tapi, biasanya aku juga akan membersihkan wajah dengan first cleanser di siang atau sore hari (atau setelah pergi dari suatu tempat dan menggunakan makeup). Kalau siang atau sore harinya aku membersihkan wajah dengan first cleanser, malam harinya aku cuma akan pakai face wash. Tapi, kalau aku merasa mukaku sangat kotor, aku akan melakukan double cleansing di malam hari.

PURPOSE:
Seperti yang sudah aku sebutkan di atas, membersihkan muka itu penting banget. Hal yang paling utama dalam skincare pokoknya. Kalau kalian ingin skincare yang kalian punya bekerja dengan baik di kulit, kalian harus awali dengan kulit yang bersih. Makanya, mengerti tentang cleansing itu penting banget! Hehe. Jadi, kalian tahu deh muka kalian akan bersih sempurna sebelum tahapan skincare selanjutnya.

Sepertinya cukup itu aja tentang basic skincare kali ini. Aku akan muncul lagi dengan tema basic skincare di minggu depan. Hehe. Oiya, semoga artikel ini membantu kalian ya! Itu semua yang aku tahu tentang cleansing. Pasti ada diantara kalian yang tahu lebih, boleh dong share infonya <3

2 comments

  1. Suka sama tulisan, bagus banget ini buat pemula yg ga ngerti ttg double cleansing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih Rima. Hehe. Iya, sasaranku memang buat mereka :)

      Delete

I like to hear your thoughts! So, don't hesitate to comment :)