Thursday, August 31, 2017

REVIEW: NYX Stay Matte but Not Flat Liquid Foundation - Nude


Dua hari yang lalu, aku baru saja menerbitkan artikel tentang dua produk NYX Professional Makeup yang aku dapatkan dari Sephora Indonesia. Nah, hari ini aku akan me-review salah satu produk tersebut. Maaf ya, fotonya masih sama dengan yang kemarin. Hehe.

Produk yang akan aku review terlebih dahulu adalah foundation-nya. Dari segi ukuran, NYX Stay Matte But Not Flat Foundation ini memiliki ukuran yang sedikit lebih banyak dibandingan dengan foundation lainnya. Kalau biasanya, foundie kalian cuma berukuran 30ml, foundie dari NYX ini memiliki ukuran 5ml lebih banyak atau secara keseluruhan adalah 35ml atau 1.18 fl.oz. Lumayan lah ya walaupun cuma 5ml. Hehe.

Sayangnya, produk ini cuma bisa bertahan selama 12 bulan setelah dibuka. Alias, life span-nya cuma 12 bulan. Jadi, dalam 12 bulan kalian harus cepat-cepat menghabiskan produk ini. Padahal, biasanya, foundie memiliki life span selama 24 bulan.

Oiya, ingredients list dari produk ini adalah:
 
Water/Aqua /Eau, Cyclopentasiloxane, Cyclohexasiloxane, Cetyl Ethylhexanoate, Beeswax/Cera Alba/Cire d’Abeille, Glyceryl Laurate, Stearyl Dimethicone, Polyglyceryl-4 Oleate, Tocopheryl Acetate, Ascorbyl Palmitate, Disteardimonium Hectorite, Propylene Carbonate, Polyglyceryl-4 Isostearate, Cetyl PEG/PPG-10/1 Dimethicone, Hexyl Laurate, Octadecene, Ethylhexylglycerin, Pentaerythrityl Tetra-di-t-butyl Hydroxyhydrocinnamate, Phenoxyethanol. MAY CONTAIN / PEUT CONTENIR (+/-): Titanium Dioxide (CI 77891), Iron Oxides (CI 77491, CI 77492, CI 77499).

Shade atau warna yang aku punya adalah nude. Nude shade ini kalau di website-nya sih dikhususkan untuk kulit terang dengan golden/warm undertone. Sebenarnya, memang nggak cocok sih dikulitku yang punya undertone netral ini. Tapi, sebelumnya aku pernah membeli foundie yang khusus dipakai untuk kulit ber-undertone cool/pink. Jadi, untuk menetralkan foundie-ku yang pink undertone tadi, aku menggunakan foundie dari NYX ini. Bingung? Haha. Karena, cool + warm = neutral. Jadi, itulah rumus sederhananya, teman-teman. Siapa tau kalian juga memiliki pengalaman yang sama denganku, rumus itu bisa jadi pedoman. Hehe.


Seperti namanya, konsistensi dari foundie ini adalah liquid dan finish-nya pun matte. Lagi-lagi, sebenarnya, ini cocok banget buat kalian yang berminyak. Tapi, untuk kulit normal, justru malah sedikit crack, apalagi kalau di sekitar bagian hidung. Untungnya, aku mensiasatinya dengan menambahkan Bio Oil. Jadi nggak kering-kering amat gitu. Bahkan, kalo nambahin Bio Oil-nya banyak, malah bisa jadi dewy. Cakep pokoknya.

Lalu, untuk coverage-nya, bisa dibilang light to medium. Jadi, memang nggak begitu meng-cover bekas jerawat yang ekstrim gitu. Tapi, untuk redness, masih oke lah. Dan, memang sesuai dengan namanya, produk ini tuh nggak bikin muka kalian terlihat flat kaya mayat gitu yang rata mukanya. Hehe. Jadi, kalau pakai produk ini kalian nggak melakukan contour atau shading, that would be totally fine. Riasan kalian masih keliatan bagus kok.

Oiya, produknya juga light banget! Meskipun pakai sampai 3 layer, rasanya bakal tetap enteng dan nggak kerasa berat sama sekali, loh! Sayangnya, ya itu, di kulitku agak cracky. Mungkin, kalau di kulit berminyak akan jadi bagus banget sih. Produknya juga cukup tahan lama.

Nah, karena bentuknya tube, foundie ini jadi agak gampang tumpah. Bukan tumpah yang benar-benar tumpah. Tapi, kaya.....kalau kalian membukanya, produknya akal ada di tutupnya gitu. Mungkin karena bentuknya cair kali ya, jadi produknya juga gampang keluar dari tube ke tutupnya. Untuk menyiasatinya, aku kadang menyimpannya dengan cara ngebalikin tube-nya biar kalo dibuka nggak tiba-tiba tumpah. Hehe. Selain itu, produknya juga cepat kering,. Jadi, setelah dituang ke tangan, kalian kudu cepat-cepat meng-apply-nya ke wajah.
Overall:
+ Ringan
+ Isinya sedikit lebih banyak
+ Tidak membuat muka jadi flat
+ Cocok untuk kulit berminyak
+ Cocok untuk kulit terang/light dengan golden/warm undertone
+ Cukup tahan lama
+ A perfect matte finish
- Untuk kulit normal, agak cracky dan kering
- Produk mudah tumpah ke tutupnya
- Produk mudah kering setelah dituang ke tangan
- Life span-nya hanya 12 bulan

Score:
3/5

Price:

IDR 120.000 - IDR 150.000

Will I repurchase this product?



I'm sorry, but not :(( cause it's too matte. I like a dewy finish better.

Will I recommend this product?
Yes, of course! But only for the ones who have oily skin with light skin and golden/warm undertone.

Where to buy?
Offline: NYX Professional Makeup counter
Online: sephora.co.id

Yang aku suka dari foundation NYX ini, mereka memberi keterangan yang sangat jelas di setiap shade-nya (untuk kulit warna apa, dan undertone apa). Jadi, benar-benar helps a lot selama kalian tahu warna kulit kalian. Memang harus research banyak sih. Haha.

Pasti kalian bertanya-tanya, kenapa aku membeli foundie yang matte sedangkan mukaku nggak berminyak. Well, sebenarnya, jenis mukaku dulu adalah oily-combination, tapi setelah aku merawatnya in a proper way, kulitku sekarang jadi normal. Hehe. Dan, waktu memutuskan untuk memilih produk ini, mukaku juga masih oily. So, that's why.

Anyway, that's all for this review, I hope you find it helpful!

Tuesday, August 29, 2017

NYX Professional MakeUp (Primer, Foundation, Concealer) - SEPHORA INDONESIA


Kalian pasti tahu Sephora, toko kosmetik asal Prancis yang juga membuka tokonya, online dan offline di Indonesia. Kali ini, NYX Professional MakeUp baru saja available loh di Sephora! Aku mendapat kesempatan untuk mencoba beberapa dari produk NYX Professional MakeUp yang ada di website Sephora. Kalian mungkin sudah tahu kalau aku ingin pakai make up sendiri saat lulus alias tanpa MUA, dan produk ini akan melengkapi produk yang aku butuhkan untuk persiapan makeup wisuda. Di postingan ini, aku juga akan memberikan sedikit review produk. Artikel ini merupakan first impression. Kalau mau lihat full review foudantion bisa klik ini, dan untuk concealer klik link ini ya.


Produk pertama adalah NYX Studio Perfect Photo-Loving Primer. Ada beberapa pilihan primer yang sesuai dengan kondisi kulitmu; Lavender untuk kulit kusam, Clear untuk menutupi garis wajah dan pori-pori, dan Hijau untuk anti-redness. Aku memilih warna hijau, alias anti-redness karena aku memiliki beberapa kemerahan di wajah (yang nyebelin itu kalau pakai make-up butuh waktu lebih lama karena harus ditutup dulu rednessnya). Dengan primer ini, aku bisa menggunakan waktu lebih sedikit karena redness sudah tertutupi oleh primer.


Pertama kalinya aku melihat produk ini, aku pikir ini akan menjadi teksturnya tebal dan creamy. Tapi setelahaku apply produknya, ternyata ringan. Teksturnya silicon-y. Aku suka jenis primer yang seperti ini. Aku percaya kalau primer silicon-y bisa menahan makeupku lebih lama dan membuat wajahku bebas dari minyak.

Harga: IDR 250.000



Lalu, aku juga mencoba liquid foundation dari NYX, Stay Matte but Flat. I choose the shade in nude. Sayangnya, ini terlalu kuning untukku. Warna kulitku light dengan skintone netral tapi, shade ini cocok untuk kulit light dengan skintone golden/warm. Tapi, aku masih bisa memakainya walau terlalu kuning. Foundation shade yang ada di web Sephora cuma dalam tiga warna; ivory, nude, dan natural. Warna-warna shade itu cocok untuk warna kulit orang Indonesia. Foundation ini cocok untuk pagi hingga malam.


Foundation ini water-base tetapi, nggak terlalu cair dan mudah diaplikasikan. NYX Stay Matte but Not Flat foundation ini sangat cocok untuk kulit berminyak/kombinasi. Setelah aku apply foundation ini, beberapa bekas jerawat di wajahku masih kelihatan. Tapi, foundation ini buildable. Kita bisa apply 2 sampai 3 kali sampai menghasilkan coverage yang full dan rasanya masih ringan. Foundation ini rasanya sama seperti kulit. Setelah aku apply , wajah Anda tidak akan terlihat seperti hantu (a.k.a datar).

Harga: IDR 155.000

Produk terakhir adalah NYX Concealer Wand. Untuk full makeup seperti wisuda, concealer adalah suatu keharusan karena kantung mata itu penting banget untuk ditutupi supaya penampilan kita terlihat fresh. Walaupun, sebelumnya udah mati-matian begadang demi menyelesaikan skripsi. Aku selalu ingin memiliki liquid concealer, dan akhirnya sekarang aku memilikinya! Liquid concealer dari NYX ini lumayan bagus. Tapi, bakal sedikit creasing saat kalian nggak menaruh pelembab sebelum memulai make up.

Shade yang aku punya adalah fair. Sebenarnya, ini terlalu cerah untukku tapi, kayanya lebih baik pakai concealer yang lebih terang supaya mata gelap kita bisa tertutup dengan sempurna.

Harga: IDR 110.000


Kita semua tahu tentang NYX Professional MakeUp dan kualitasnya yang bagus. Setelah lip cream yang sangat hype itu, orang-orang Indonesia mulai menyukai produk NYX lainnya. NYX Professional MakeUp juga lebih mudah ditemukan di Indonesia. Sekarang kalian juga bisa membeli NYX Professional MakeUp di Sephora Indonesia! Kalian bisa mengunjungi link ini untuk langsung berbelanja NYX Professional MakeUp. Psst, Kalian akan menemukan ketiga produk yang aku dapatkan dari Sephora juga!

Sunday, August 6, 2017

REVIEW: Biore Aqua Rich Watery Jelly Water Base Whitening SPF 30 PA++


If you're not into makeup or feel that skin care is quite hard to understand (LOL), and probably you want to start having skincare but don't know what to start. Just go with the sunscreen first! I'll recommend you the lightweight sunscreen in this post. You can also check my review about another sunscreen that I like here (for normal to oily skin).

Let's get into the product...
Actually, there are some products of Biore sunscreen, but I didn't know why I choose this. Perhaps, because it has a whitening in it since my face is very dull. However, I've just realized that I downgrade my sunscreen product. I used to use a sunscreen who has SPF 50+ PA+++ but now I'm using only SPF 30 PA++. Just barely realized. LOL. As you can tell, I live in Indonesia which has an all-year-of sun that appears so bright. I think, we, Indonesian, need to put a sunscreen with more than SPF 30. Ok.


Although I seem to downgrade my sunscreen, this product has successfully won my heart. I've been using this product since several months ago (not sure when). My face gets easily dull especially for sticky and thick consistency of the products. That's why I always choose a lightweight skin care, like this one. This is so lightweight, as you might notice in its name. A watery jelly water base. That's the key to choose a lightweight skin care as well.

You might already know, the sunscreen product of Biore is quite good and light. And is everybody's favorite. In my opinion, this sunscreen is just working well on my skin. There's no breakout but the thing is, unfortunately, it takes time to absorb. Moreover, you need to apply quite an amount of the sunscreen. However, I don't mind waiting :)

Perhaps, in the picture, it looks like that this product is thick and creamy. Actually, not at all. The texture is like a water but thicker, but still, it's not sticky at all. For the whitening agent, I think, it quite works but not that much. By wearing sunscreen, we can also prevent our face from getting darker and as a good anti-aging. It's enough for me to choose the sunscreen.

I always use this ↑ much whenever I go outside. And when I stay in my room I use a half of it. I don't know much about how much we have to apply sunscreen, I heard it has to be quite much, so I do that much. I apply it all over my face and neck. Although I'm wearing hijab I have to apply it on the neck since my hijab isn't thick enough to block the sun.
After I've been using it for several months, I can say that Biore Aqua Rich Watery Jelly Water Base Whitening SPF 30 PA++:
+ Light
+ Perfect for tropical country
+ It's still light even if we take quite amount of it
+ Doesn't let breakout
+ For all skin type
- (relatively) low SPF
- Takes time to absorb

Price:
Around IDR 150,000/USD 11

Score:
4/5

Overall, this sunscreen is actually pretty good, but I need a higher SPF. Actually, there are some variants of Biore sunscreen and I already found that suits me. Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA+++ will be the next to purchase! I found one on nihonmart. Unfortunately, it's out of stock right now, I wish it will be back in stock once my current sunscreen is empty.
Psst, I recommend this product!