REVIEW: NYX Stay Matte but Not Flat Liquid Foundation - Nude


Dua hari yang lalu, aku baru saja menerbitkan artikel tentang dua produk NYX Professional Makeup yang aku dapatkan dari Sephora Indonesia. Nah, hari ini aku akan me-review salah satu produk tersebut. Maaf ya, fotonya masih sama dengan yang kemarin. Hehe.

Produk yang akan aku review terlebih dahulu adalah foundation-nya. Dari segi ukuran, NYX Stay Matte But Not Flat Foundation ini memiliki ukuran yang sedikit lebih banyak dibandingan dengan foundation lainnya. Kalau biasanya, foundie kalian cuma berukuran 30ml, foundie dari NYX ini memiliki ukuran 5ml lebih banyak atau secara keseluruhan adalah 35ml atau 1.18 fl.oz. Lumayan lah ya walaupun cuma 5ml. Hehe.

Sayangnya, produk ini cuma bisa bertahan selama 12 bulan setelah dibuka. Alias, life span-nya cuma 12 bulan. Jadi, dalam 12 bulan kalian harus cepat-cepat menghabiskan produk ini. Padahal, biasanya, foundie memiliki life span selama 24 bulan.

Oiya, ingredients list dari produk ini adalah:
 
Water/Aqua /Eau, Cyclopentasiloxane, Cyclohexasiloxane, Cetyl Ethylhexanoate, Beeswax/Cera Alba/Cire d’Abeille, Glyceryl Laurate, Stearyl Dimethicone, Polyglyceryl-4 Oleate, Tocopheryl Acetate, Ascorbyl Palmitate, Disteardimonium Hectorite, Propylene Carbonate, Polyglyceryl-4 Isostearate, Cetyl PEG/PPG-10/1 Dimethicone, Hexyl Laurate, Octadecene, Ethylhexylglycerin, Pentaerythrityl Tetra-di-t-butyl Hydroxyhydrocinnamate, Phenoxyethanol. MAY CONTAIN / PEUT CONTENIR (+/-): Titanium Dioxide (CI 77891), Iron Oxides (CI 77491, CI 77492, CI 77499).

Shade atau warna yang aku punya adalah nude. Nude shade ini kalau di website-nya sih dikhususkan untuk kulit terang dengan golden/warm undertone. Sebenarnya, memang nggak cocok sih dikulitku yang punya undertone netral ini. Tapi, sebelumnya aku pernah membeli foundie yang khusus dipakai untuk kulit ber-undertone cool/pink. Jadi, untuk menetralkan foundie-ku yang pink undertone tadi, aku menggunakan foundie dari NYX ini. Bingung? Haha. Karena, cool + warm = neutral. Jadi, itulah rumus sederhananya, teman-teman. Siapa tau kalian juga memiliki pengalaman yang sama denganku, rumus itu bisa jadi pedoman. Hehe.


Seperti namanya, konsistensi dari foundie ini adalah liquid dan finish-nya pun matte. Lagi-lagi, sebenarnya, ini cocok banget buat kalian yang berminyak. Tapi, untuk kulit normal, justru malah sedikit crack, apalagi kalau di sekitar bagian hidung. Untungnya, aku mensiasatinya dengan menambahkan Bio Oil. Jadi nggak kering-kering amat gitu. Bahkan, kalo nambahin Bio Oil-nya banyak, malah bisa jadi dewy. Cakep pokoknya.

Lalu, untuk coverage-nya, bisa dibilang light to medium. Jadi, memang nggak begitu meng-cover bekas jerawat yang ekstrim gitu. Tapi, untuk redness, masih oke lah. Dan, memang sesuai dengan namanya, produk ini tuh nggak bikin muka kalian terlihat flat kaya mayat gitu yang rata mukanya. Hehe. Jadi, kalau pakai produk ini kalian nggak melakukan contour atau shading, that would be totally fine. Riasan kalian masih keliatan bagus kok.

Oiya, produknya juga light banget! Meskipun pakai sampai 3 layer, rasanya bakal tetap enteng dan nggak kerasa berat sama sekali, loh! Sayangnya, ya itu, di kulitku agak cracky. Mungkin, kalau di kulit berminyak akan jadi bagus banget sih. Produknya juga cukup tahan lama.

Nah, karena bentuknya tube, foundie ini jadi agak gampang tumpah. Bukan tumpah yang benar-benar tumpah. Tapi, kaya.....kalau kalian membukanya, produknya akal ada di tutupnya gitu. Mungkin karena bentuknya cair kali ya, jadi produknya juga gampang keluar dari tube ke tutupnya. Untuk menyiasatinya, aku kadang menyimpannya dengan cara ngebalikin tube-nya biar kalo dibuka nggak tiba-tiba tumpah. Hehe. Selain itu, produknya juga cepat kering,. Jadi, setelah dituang ke tangan, kalian kudu cepat-cepat meng-apply-nya ke wajah.
Overall:
+ Ringan
+ Isinya sedikit lebih banyak
+ Tidak membuat muka jadi flat
+ Cocok untuk kulit berminyak
+ Cocok untuk kulit terang/light dengan golden/warm undertone
+ Cukup tahan lama
+ A perfect matte finish
- Untuk kulit normal, agak cracky dan kering
- Produk mudah tumpah ke tutupnya
- Produk mudah kering setelah dituang ke tangan
- Life span-nya hanya 12 bulan

Score:
3/5

Price:

IDR 120.000 - IDR 150.000

Will I repurchase this product?



I'm sorry, but not :(( cause it's too matte. I like a dewy finish better.

Will I recommend this product?
Yes, of course! But only for the ones who have oily skin with light skin and golden/warm undertone.

Where to buy?
Offline: NYX Professional Makeup counter
Online: sephora.co.id

Yang aku suka dari foundation NYX ini, mereka memberi keterangan yang sangat jelas di setiap shade-nya (untuk kulit warna apa, dan undertone apa). Jadi, benar-benar helps a lot selama kalian tahu warna kulit kalian. Memang harus research banyak sih. Haha.

Pasti kalian bertanya-tanya, kenapa aku membeli foundie yang matte sedangkan mukaku nggak berminyak. Well, sebenarnya, jenis mukaku dulu adalah oily-combination, tapi setelah aku merawatnya in a proper way, kulitku sekarang jadi normal. Hehe. Dan, waktu memutuskan untuk memilih produk ini, mukaku juga masih oily. So, that's why.

Anyway, that's all for this review, I hope you find it helpful!

No comments

I like to hear your thoughts! So, don't hesitate to comment :)