BASIC SKINCARE: Toner

basic skincare toner

Dalam dunia skincare, toner sudah banyak dikenal. Pasti kalian juga sudah pakai kan? Kira-kira sudah tahu manfaat toner belum nih? Di Basic Skincare seri kali ini saya bakal membahas tentang toner dan kegunaannya. Siapa tahu ada yang masih belum paham tentang toner. 😜

Seperti yang kalian tahu, toner digunakan setelah mencuci muka. Bentuknya biasanya cair dan mirip seperti air. Tapi, tentunya memiliki kandungan-kandungan lain yang bermanfaat buat kulit. Beberapa brand juga menyebut toner dengan nama yang berbeda-beda, seperti tonic, lotion, skin, dll.

Fungsi utama:
Secara umum, fungsi toner adalah untuk mempersiapkan wajah ke tahap skincare selanjutnya, seperti menghapus sisa-sisa kotoran yang belum terangkat dengan cleanser sebelumnya supaya skincare yang dipakai selanjutnya bisa lebih meresap ke kulit. Selain itu, toner juga bisa mengembalikan pH wajah yang bisa hilang karena mencuci muka pakai sabun.

Jenis toner:
Yang saya tahu, ada 3 jenis toner, seperti hydrating, exfoliating, dan clarifying toner. Semuanya memiliki fungsinya masing-masing sesuai kebutuhan kulit pastinya.

Hydrating toner:
Dari namanya, kalian pasti sudah tahu fungsi toner ini apa kan? Hydrating toner mampu memberikan asupan air ke kulit sehingga kulit tidak lagi dehidrasi. Saya bisa menyimpulkan kalau toner jenis ini paling umum digunakan, karena paling banyak ditemukan dan sepertinya pun banyak orang yang membutuhkan toner ini. Menurut saya, toner ini juga wajib dimiliki dalam tahapan basic skincare.

Exfoliating toner:
Kalau exfoliating toner, tujuannya seperti produk eksfoliasi yang lain. Produk ini juga bisa disebut sebagai chemical exfoliator. Biasanya, produknya pun juga hanya bisa dipakai maksimal 2 kali seminggu, seperti mengunakan exfoliator seperti biasa. Ada juga yang dapat digunakan setiap hari, kalau kandungan exfoliating agent-nya tidak terlalu tinggi. Tapi, tetap haru memperhatikan jenis dan kondisi kulit kalian sih.

Clarifying toner:
Mungkin ada beberapa yang belum paham dengan clarifying toner, karena produknya yang juga masih jarang ditemukan di Indonesia. Tapi, untuk kalian yang memiliki kulit berminyak, clarifying toner akan sangat berguna, lho! Toner ini memang khusus digunakan untuk kalian yang memiliki kulit berminyak, karena fungsinya yang mattifying. Jadi, jerawat juga tidak akan mudah terbentuk. Kemudian, sama seperti hydrating toner, clarifying toner juga bisa dipakai setiap hari.

Additional:
Face mist juga bisa digunakan sebagai hydrating toner lho. Sebenarnya tergantung preferensi kalian juga, menggunakan face mist untuk apa. Tapi, karena fungsinya juga hydrating, kalian juga bisa pakai produk tersebut sebagai hydrating toner.

Cara penggunaan toner:
Sebenarnya, penggunaan toner bermacam-macam. Biasanya, penggunaannya juga sudah tertera di kemasannya. Ada yang perlu dituangkan ke kapas, ada juga yang hanya dituangkan ke tangan dan ditepuk-tepuk. Kalau saya sih lebih suka ditepuk-tepuk dengan tangan daripada kapas, karena menurut saya jadi lebih meresap ke kulit dan produknya juga tidak tersisa di kapas. Hehe.

Ternyata, toner cukup penting ya buat wajah. Dulu saya pun bingung, sebenarnya tujuan pakai toner itu apa sih. Akhirnya, sadar sendiri setelah sempat beberapa waktu kehabisan toner. Wajah jadi dehidrasi dan kurang segar. Well. Semoga kalian jadi makin tau lebih mendalam tentang toner di artikel ini ya!

No comments

I like to hear your thoughts! So, don't hesitate to comment :)