Hijabi's Wardrobe Essentials

Hijab Wardrobe Essentials

I am the one who believes that being stylish doesn't mean we need to get lots of clothing items or collect every trendy piece to our closet. The key is just to invest several essential items. Wearing hijab is also not something that stops you to look chic as well. Even modest fashion has just become a trend right now. So, here is my version of hijabi wardrobe essentials.
Saya merupakan orang yang percaya kalau menjadi stylish bukan berarti kalian harus mengikuti tren fashion yang ada. Untuk menjadi stylish kuncinya hanya memiliki item fashion yang essential. Menggunakan hijab pun bukan jadi halangan untuk kelihatan modis menurut saya. Bahkan, beberapa couture brand pun mendesain pakaian-pakaian khusus hijab yang buat tren fashion berhijab makin dikenal di dunia. Well, tanpa panjang lebar lagi, ini dia item-item fashion khusus hijaber yang harus ada di lemari kalian.

Essential items are something that you can pair with almost everything in your closet. You will feel having a complete and nearly perfect closet if you collect those items. One of the advantages is it never goes out of style. You can pretty much wear it forever and you'll never look outdated. Another thing that you may find a benefit, these items are easy to find.
Pakaian-pakaian yang wajib kalian punya ini bisa di mix and match dengan apapun yang ada di lemari kalian. Kalau sudah memilikinya, kalian pasti bakal merasa lemari kalian sudah lengkap. Salah satu kelebihan dari essential items ini sih sebenarnya karena gak akan lekang oleh waktu. Jadi, kalau dipakai beberapa tahun kemudian, kalian pun gak akan terkesan jadul. Hihi. Apalagi, item item ini sangat mudah ditemukan.

I'm gonna list at least 12 fashion items that you make sure you have it in your closet (I'm on my way to have all that as well). So, let's check which one we haven't got yet.
Saya akan berikan 12 item fashion yang wajib kalian punya. Sebenernya, masih ada beberapa item yang belum saya punya juga sih. Hehe.

Hijab Wardrobe Essentials

1. Black Scarves/kerudung hitam
With black scarves, you can literally pair it with anything and you'll never go wrong since black is pretty basic. I always go to black scarves when I don't know what to wear. No matter which style you have, whether it's pashmina, square scarves, or even instant scarves, it will also look good in every skin tone. You can also choose the fabric you love most to enhance the convenience. I have more than one black scarves in different kinds of fabric and style. I can't get enough of black scarves!
Kerudung hitam bisa dipakai dengan apa aja. Pokoknya, tidak akan terlihat tidak matching atau tidak cocok kalau sudah menggunakan kerudung berwarna hitam. Saya juga bakal mencari-cari kerudung hitam kalau tidak tahu mau memakai kerudung warna apa. Apapun modelnya, pasmina, segi empat, atau kerudung langsung, pasti akan terlihat perfect di semua warna kulit. Jenis bahan juga bisa dipilih sesuai selera. Kalau saya sih, punya cukup banyak kerudung hitam dengan berbagai model dan bahan. Hehe.

2. White button-up/kemeja putih
White button-up shirt is very. very. essentials. You can't deny cause you know you really need it. I'm sure you have at least one item in your wardrobe. This item is versatile since you can wear it casual if it pairs with jeans and obviously is a work-appropriate. It even looks more styles to pair with cardigans to get that preppy look. I have one from Pomelo Fashion, which I like to call it basic button-up with a twist since it has extra long and wide sleeve.
Kemeja putih itu sangat. sangat. penting. Kalian pasti juga tidak akan menolak karena kalian memang butuh kan? Saya yakin, kalian pasti punya setidaknya satu kemeja putih di lemari. Item yang satu ini memang cukup serbaguna, karena kalian bisa menggunakannya secara casual maupun formal. Bahkan, kalian juga bisa memadukannya dengan cardigan untuk gaya preppy. Saya punya kemeja putih dari Pomelo yang saya suka banget, karena modelnya yang tidak terlalu basic dengan lengan yang lebih panjang dan lebih lebar. Hehe.

3. Basic Long Sleeve Tee/kaos polos lengan panjang
You need to have at least a basic long sleeve tee in black. That will look good in your patterned pants or even black pants to create a monotone look. Honestly, I still haven't one as well and whenever I wanted to pair my patterned pants, the thing that I look for was always that black long sleeve tee. I guess I need to purchase one.
Kalian perlu punya kaos polos lengan panjang setidaknya dengan warna hitam. Kaos tersebut cocok banget dipadukan dengan celana motif atau bahkan celana hitam untuk gaya monoton. Jujur, saya juga belum punya sih, dan setiap kali saya menggunakan celana motif, saya selalu kepikiran untuk memakainya dengan kaos hitam. Sepertinya saya harus beli nih.

Hijab Wardrobe essentials

4. Blazer
This is an investment for your formal event. You'll never know when will you wear it, but trust me, just save it. One day you will need this item. However, blazer can't only be wear at the office. I like to wear it with my shirt underneath to look casual. I can't let my blazer just hanging up on the shelf.
Item ini bisa dikatakan sebuah investasi untuk tampilan formal. Kalian tidak akan pernah tahu kapan memakainya, tapi percaya aja, kalian pasti akan membutuhkannya suatu saat. Sebenarnya pun, blazer juga bisa digunakan tidak hanya untuk formal look aja. Pakai aja blazer kalian dengan kaos, pasti akan terlihat lebih casual.

5. Denim Jacket/jaket jeans
To be honest, this is my forever wishlist and I don't know why I still haven't bought one. Denim jacket will make your entire outfit look cool instantly, seriously. If you like a boyish look, you may always want to wear it every day.
Jujur, ini sih sebenarnya wishlist saya entah sejak kapan dan saya pun tidak tahu kenapa belum membelinya. Padahal, banyak jaket jeans yang dijual murah. Jaket jeans akan buat outfit kalian terlihat keren secara instant. Kalau kalian suka gaya tomboy, kalian mungkin akan pakai jaket jeans setiap hari. Hihi.

6. Several Pairs of Cardigans/beberapa pasang cardigan
You also need several pairs of cardigans in any color. Choose the color as you want, it doesn't have to be a basic color like grey, black, or beige since emerald green is interesting too. Or perhaps, red to spice up your outfit.
Kalian juga butuh beberapa warna cardigan karena item yang satu ini memang sangat berguna. Pilih warna sesuai yang kalian malu, tidak harus warna-warna basic kok. Warna merah juga boleh kalau kalian suka.

Hijab Wardrobe essentials

7. Jeans
I assume everybody has more than a pair of jeans in their closet. We can also find people with jeans everywhere. However, make sure you need one perfect pair of jeans that are durable. I know, that means you need to save more money, but you will thank later. When it comes to jeans. I guess Levi's is always the best choice.
Saya anggap, semua orang punya lebih dari satu jeans di dalam lemari. Kalian juga bisa dengan mudah menemukan orang yang memakai jenas di mana saja. Namun, pastikan kalian punya satu jeans yang benar-benar sempurna dan awet. Mungkin, memang harganya cukup mahal, tapi kalian kan bisa menabung. Hehe. Kalau berbicara tentang jean's, saya selalu suka jean's dari Levi's. Saya juga ngarep ingin punya Levi's 721 Vintage High Rise. Semoga terkabul.

8. Black Pants/celana panjang hitam
This one versatile item is another basic item you should have in your closet, whether it's wide-legged, straight, skinny, or whatever. I think the same with the button-up, this item is versatile and you can wear it pretty much everywhere, even on the beach, LOL. But, seriously, I happened to wear black pants one day on the beach. Of course, with a casual-beach-approve top featuring a very casual jelly flats.
Item yang satu ini juga salah satu basic item yang harus ada di lemari, apapun itu modelnya, kulot, lurus, maupun skinny. Menurut saya, sama seperti kemeja putih, item ini serbaguna dan kalian pun bisa memakainya kapan aja. Bahkan, saya juga pernah pakai di pantai, tapi tetap sih dengan atasan yang cocok untuk dipakai di pantai.

9. Basic Maxi Skirt in Black/rok panjang hitam
This is an essential item that non-hijabis wouldn't mind if they don't have. However, for us, it's a bit more crucial since some tops will look so good if it's paired with this skirt. This item also works really well to reach that modest look.
Kalau yang satu ini sih sepertinya memang wajib banget dimiliki para pengguna hijab, karena mau menggunakan atasan apa saja dengan bawahan rok hitam pasti akan terlihat bagus. Kesannya pun lebih sopan dan feminin.

Hijab Wardrobe essentials

10. Basic Flats in Black/flatshoes hitam
If you don't know where to start collecting an essential footwear, all you need to have is basic black flats. It's simple, not too much and can be paired with every single clothes you wear, I think. Whether you wear a yellow dress or tosca tops with jeans, you can still wear your black flat. It simply because black is basic.
Flatshoes hitam sangat amat dibutuhkan. Item ini sederhana dan tidak berlebihan pastinya. Kalian pun bisa memadukannya dengan apapun. Bahkan, flatshoes hitam akan terlihat oke-oke saja meski kalian menggunakan outfit yang colorful, karena hitam adalah basic.

11. White Sneakers/sneakers putih
If you happen to walk more often on a daily basis (cause Indonesians don't do a lot of walks), you should have a pair of white sneakers. For me, personally, sneaker is more comfy to wear when you walk a lot especially when you have a trip to go somewhere. Your feet won't feel hurt as long as you choose the right sneakers. Plus, a lot of people have white sneakers, so I think white sneakers is basic and it's timeless. Try to invest sneakers from a good brand. I have mine from Keds and it's quite durable.
Kalau kalian suka berjalan (saya yakin orang Indonesia banyak yang tidak suka jalan sih), kalian pasti akan membutuhkan sepatu sneakers. Menurut saya, sneakers memang lebih enak kalau dipakai jalan. Apalagi, dipakai saat tamasya dan menjelajah suatu tempat yang membutuhkan banyak jalan. Selama kalian memilih sneakers yang tepat, kaki pun tidak akan terasa sakit. Plus, banyak orang yang punya sneakers putih. Jadi, bisa dibilang kalau sneakers putih sangat basic dan tak lekang oleh waktu. Coba deh investasi sneakers dari brand ternama. Saya punya sneakers putih dari Keds dan produknya cukup awet.

12. Black Heels or Wedges/heels atau wedges hitam
The last thing about wardrobe essential you should have is black heels or wedged. It's similar to black flat, but it's kinda more like formal. So, when you need to attend a formal event, you've got a backup! Take your black heels to walk and let yourself shine.
Item terakhir yang wajib dimiliki adalah heels atau wedges hitam. Mirip seperti flatshoes hitam, tapi heels hitam ini lebih terkesan formal. Jadi, saat akan ada acara yang lebih formal, seperti pesta atau kondangan, kalian pun siap, karena sudah punya heels hitam.

Those 12 items are enough for you to start investing clothes for your style. Like I said before, the essential items never go out of style. So, it's better to consider the quality rather than the cost. Anyway, let's start saving money!
Itu dia 12 item yang bisa kalian kumpulkan untuk investasi pakaian masa depan agar terlihat stylish. Seperti yang saya katakan sebelumnya, item-item ini tak kan membuatmu terlihat ketinggalan zaman. Jadi, lebih baik pilih dengan kualitas baik meski harus merogoh kocek yang lebih dalam. Anyway, jangan lupa menabung!

No comments

I like to hear your thoughts! So, don't hesitate to comment :)