Sunday, December 31, 2017

Cara Tepat Memilih Warna Foundation


PERHATIAN: post ini lumayan panjang. Jadi, jangan lupa tarik napas yang dalam dan baca dengan seksama :)

Menemukan shade foundation yang tepat memang agak susah. Apalagi, jika kita membeli secara online. Kita nggak bisa mencobanya sebelum membeli. Bisa jadi foundation yang kita beli lebih terang, lebih gelap, atau bahkan abu-abu di kulit kita. Kita harus sering-sering browsing, atau datang ke counter-counter yang menyediakan foundation untuk mengetahui brand apa dan shade mana yang cocok buat kulit kita. Dan untuk memulainya, kita perlu tau baik tentang shade kulit kita.

Ada banyak warna kulit dari yang cerah sampai gelap, dan sebenarnya nggak terlalu susah untuk mengetahui warna kulit kita kan? Maksudnya, kita nggak harus tahu nama spesifik dari warna kulit kita, selama kamu bisa tahu warna kulitmu ada di kategori mana. Pada dasarnya, ada tiga kategori warna kulit; light, medium, dan dark. Kamu harus tahu kulitmu ada di kategori mana. Kalau aku, ada di kategori light, antara nude dan beige. Aku nggak begitu tau sih warna spesifi kulitku apa, karena tiap brand juga punya standar namanya masing-masing. Contohnya, brand X punya shade nude yang lebih terang di kulitku, sedangkan brand Z memiliki shade nude yang lebih tua dari kulitku. Jadi, browsing sebelum membeli itu memang perlu.

Selalu ada 'trial and error' dalam memilih shade foundation yang tepat. Aku juga pernah mengalami itu. Memang sih, sedikit bikin frustrasi kalau foundation yang kita apply nggak match di kulit kita. Aku pernah membeli foundation yang aku pikir udah cocok dengan kulitku, tapi setelah diaplikasikan malah kelihatan ashy atau abu-abu.

Setelah itu, aku cari tahu lebih tentang foundation dan kenapa foundationku nggak match dengan warna kulitku, padahal sebenarnya aku memilih shade yang sama dengan kulitku. Di post ini aku akan memberikan beberapa cara untuk memilih foundation berdasarkan pengalamanku.

1. Ketahui undertone-mu
Undertone akan mempermudah kalian untuk memilih shade foundation yang tepat. Pada umumnya, undertone dibagi menjadi tiga; pink/cool, netral, dan warm/yellow. Untuk tau undertone kalian, kalian bisa melihat peredaran dara di sekitar pergelangan tangan. Jika warna peredaran darah kalian didominasi warna hijau, berarti kalian mempunyai undertone warm. Kalau peredaran darahnya kebiruan, berarti undertone kalian cool. Lalu, kalau kalian melihat peredaran darah kalian memiliki warna hijau dan biru yang sama-sama dominan, berarti kalian memiliki undertone netral.

Hampir semua foundation telah dispesifikasikan untuk undertone tertentu. Beberapa brand bahkan menyebutkan undertone pada setiap shade untuk mempermudah kalian memilih. Tetapi, beberapa juga tidak mencantumkan undertone. Jadi, kalian tetap harus browsing sebelum membeli foundation yang kalian inginkan.

2. Jangan pernah cek waran foundation di tangan!
Image via intu.co.uk
Biasanya, para wanita menswatch foundation yang mereka ingin beli di tangan. Sebenarnya, ini cara yang salah, Beberapa orang punya warna kulit tangan yang beda dari wajahnya. Jadi, lebih baik menswatch foundation yang ingin kita beli di antara wajah dan leher, karena kalian juga mau pakai foundation di sekitar wajah dan leher kan? Cara ini bisa menentukan foundation yang paling tepat buatmu.

3. Perhatikan cahaya ruangan/toko pada saat membeli
Lighting di area toko/counter kosmetik juga somehow menganggu kita memilih foundie, loh. Kadang, ada yang memiliki ruang dengan lampu yang kuning, ada juga yang terlalu putih. Jadi, lebih baik, swatchnya disimpan lalu kita lihat di rumah dengan cahaya alami. Trus balik lagi deh besok ke tokonya dan beli shade yang paling cocok.

4. Lebih baik untuk tidak membeli secara online
Seperti yang kamu tahu dari tiga poin di atas, menemukan warna foundation yang tepat memang gampang-gampang-susah. Sepertinya, kalau beli online juga akan tambah susah. Kalau beli online, kita nggak bisa swatch foundienya. Apalagi kalau kalian first timer dan belum tahu shade yang tepat buatmu yang mana. Tapi, kalau kalian sudah cukup berpengalaman dan sudah browsing banyak tentang warna foundation yang cocok untukmu, boleh-boleh saja beli lewat online. Apalagi kalau websitenya memberikan keterangan tentang undertone.


Jadi, itu dia petunjuknya, semoga cukup jelas dan cukup dimengerti kalian ya. Move on ke pengalamanku sekarang (aku sudah bilang, kalau post ini lumayan panjang, jadi sabar aja yah hehe).

Sebenarnya aku bukan expert (nggak ada yang ngomong aku expert juga sih, hehe). Aku membuat postingan ini berdasarkan pengalamanku dan aku ingin membagikannya ke kalian karena aku percaya masih banyak dari kalian yang masih bingung bagaimana memilih shade foundie yang tepat.


Sekitar satu tahun lalu, aku pertama kalinya membeli foundation yang masih aku pakai sampai sekarang. Foundie pertama yang aku beli adalah Revlon Colorstay shade 220 natural beige. Di Indonesia, hanya sedikit shade yang available, jadi memang agak susah untuk memilih foundie Revlon yang cocok buat warna kulit dan undertonemu. Aku membeli shade tersebut karena aku pikir, itu warna yang paling tepat buatku. Tapi, setelah aku apply, aku sadar kalau shade tersebut nggak match di kulitku. Seperti terlihat ashy atau abu-abu dan terlalu pink di wajahku.

Lalu, aku memulai browsing tentang foundie, apa penyebab ashy tersebut, kenapa kulitku nggak bisa pakai warna shade pink sampai jadi ashy. Kemudian, aku mencoba mencari tahu apa itu undertone dan coba cek undertoneku. Ternyata undertoneku netral, makanya aku nggak cocok pakai shade Revlon yang pinkish tadi. Aku juga sempat berpikir untuk menjual foundie Revlonku dan beli foundie lain yang lebih cocok. Tapi, suatu hari Sephora Indonesia ngajakin partnership nih dan memintaku untuk promot NYX Professional Makeup yang baru launch di web mereka. Dan aku menemukan foundie yang bagus dari NYX. Sayangnya, cuma beberapa shade yang available di web. Jadi, aku browsing di web NYX Professional Makeup untuk memilih shade yang paling mendekati kulitku. Beruntungnya, website NYX juga memberikan keterangan undertone di setiap shade foundation!

Akhirnya aku membeli shade nude dari NYX Stay Matte but Not Flat Liquid Foundation (baca reviewnya disini) karen cuma itu shade yang paling cocok untuk kulitku walaupun tidak dengan undertoneku. Shade tersebut dikhususkan untuk undertone warm. Beruntungnya, kalau dicampur dengan foundie Revlonku yang punya cool undertone, foundation tersebut akan menjadi netral. Yang berarti akan cocok di warna kulitku.


left to right: Revlon Colorstay Foundation (natural beige) - NYX Stay Matte but Not Flat Liquid Foundation (nude) - Mix of both foundation
Setelah itu, aku selalu mencampurkan kedua foundationku dan benar-benar match my skin really well. Kaya nggak pakai foundie deh pokoknya. Mungkin trik ini bisa juga dipakai. Kalau kalian punya undertone yang netral sepertiku dan pernah salah memilih foundation karena belum tahu undertonemu, kamu bisa beli shade lain yang undertonenya berbeda dari foundie yang kamu punya (asal jangan foundie berundertone netral). Lalu kamu bisa mencampurnya, dan jadi deh foudation untuk kulit netral!


Sekarang, aku selalu mencampurkan beberapa tetes/pump dari kedua foundie yang aku punya dan menyimpannya di jal kecil. Jadi, kalau aku ingin pakai foundation, aku nggak perlu repot-repot ngemix lagi. Sayangnya, dua foundation yang aku punya sebenarnya diperuntukkan untuk kulit normal-berminyak. Sedangkan kulitku normal (dulunya kulitku berminyak). Lalu, aku menambahkan beberapa tetes bio oil di jar kecil itu, so foundieku akan menghasilkan look yang glowy.

Ya, jadi itu tadi tentang memilih warna foundation. Semoga postingan ini benar-benar membantu kalian memilih shade foundi yang tepat ya. Happy hunting!

No comments:

Post a Comment

Let me know your thoughts about this post, I'm happy to see it ;)