Triple Cleansing


I used to have a troubled skin. Perhaps, it's not as terrible as others do, but for me it's quite bad. Before I thought it was because I went to a place with a different weather and conditions, it makes my sensitive skin got troubled enough. I rarely got acnes, but when I went to another (new) place for quite a long time, I got a lot. I got my face more oily, and that makes my skin dull. I feel like all my skincares also were not absorbed well. It's so much inconvenient.
Aku pernah memiliki kulit yang bermasalah. Mungkin, permasalahan kulitku tidak separah beberapa orang, tapi saat itu memang aku mengalami kondisi terburuk kulitku. Sebelumnya, aku mengira kalau berada di tempat yang berbeda dalam waktu yang cukup lama dengan cuaca yang berbeda, membuat kulit sensitifku jadi lumayan bermasalah. Aku jarang sekali jerawatan, tapi kalau sudah pergi ke suatu tempat yang cuacanya berbeda (apalagi), beberapa jerawat bisa bermunculan. Wajahku juga bisa jadi lebih berminyak yang membuat mukaku juga jadi lebih kusam (yang awalnya memang sudah kusam). Aku merasa kalau skincare yang aku pakai juga tidak menyerap dengan baik disaat kondisi wajahku seperti itu. Pokoknya nggak nyaman banget.

I thought, there was something wrong with my skincare routine. So, I bought some to heal my acnes. Until I realized, it's not the different weather that makes my skin had so much trouble. Once I came back home, my skin wasn't back to normal. I still got some acnes and the oil in my skin doesn't be reduced. Then, I got enlightenment that to make our skin away from trouble is started by how we cleanse our face.
Aku berpikir, sepertinya ada yang salah dengan skin care routine-ku. Lalu, aku membeli beberapa produk untuk meredakan jerawatku sampai aku akhirnya sadar, kalau yang membuat wajahku bermasalah bukanlah karena cuaca yang berbeda. Ketika aku kembali ke rumah, kondisi mukaku tidak kembali normal. Jerawat dan minyak masih stay di mukaku. Kemudian, aku dapat pencerahan, agar wajah kita jauh dari masalah kita harus mengawalinya dengan bagaimana kita membersihkan wajah kita.

Before I realized that thing, I always double cleanse my face; use a makeup remover and face wash. I thought that it's enough, cause I always cleanse my face regularly right after I come back home, with or without makeup, I always double cleanse my face. I think, I'm clean enough since I have a bit of OCD. I also had quite enough skincare that based on my face's need. So, what was wrong then?
Sebelum aku menyadari hal tersebut, aku selalu melakukan double cleansing; aku selalu memakai makeup remover dan face wash. Aku pikir itu cukup, soalnya aku selalu membersihkan mukaku setelah aku pulang ke rumah, dengan atau tanpa maku up, aku selalu melakukan double cleansing. Aku pikir aku orangnya cukup bersihan, karena aku sedikit OCD. Hehe. Aku juga punya cukup skin care yang sesuai dengan apa yang kulitku butuhkan. Terus, apa yang salah ya?

Previously, I use Sariayu all in one cleanser (a liquid cleanser, only wipe it with cotton pad), and Hada Labo as my face wash (only make it foamy with hands). Both products has suited my face's need; for oily and dull skin. But I though, I have to change my cleansing habit cause my skin didn't get any improvements. Luckily, I got a cleansing milk from Cetaphil, then an idea just slightly came to my mind. Why don't we just use all them together?
Sebelumnya, aku selalu menggunakan cleanser Sariayu (yang selalu aku gunakan menggunakan kapas dan tanpa di bilas), dan Hada Labo sebagai face washnya (membuat busanya berbuih menggunakan tangan). Kedua produk tersebut sebenarnya sudah sesuai dengan kondisi mukaku; untuk kulit berminyak dan kusam. Tapi mungkin, aku harus mengganti caraku mencuci muka karena mukaku nggak ada peningkatan. Beruntungnya, aku mendapatkan cleansing milk dari Cetaphil, lalu muncul saja gitu ide tiba-tiba di otak. Kenapa nggak aku memakainya secara bersamaan?

Now, I always triple cleanse my face. and that REALLY WORKS! The oil and acne has reduced, and my skincare products also can be absorbed perfectly. Doesn't matter how thick and sticky the skincare is, I feel like it's just absorbed well so, it doesn't feel sticky once it's applied on my skin.
Sekarang, aku selalu melakukan triple cleansing pada wajahku, dan ternyata memang benar-benar BEKERJA DENGAN BAIK! Minyak dan jerawat akhirnya berkurang, skin care-skin care ku juga lebih bisa menyerap dengan sempurna. Nggak peduli seberapa sticky dan tebalnya skin care-ku, rasanya tetap aja meresap dengan baik dan tidak terasa sticky atau tebal di mukaku.

I use three cleansers cause I think it's just better than my typical double cleansing habit. If you have the same problem like me, here I can suggest you. You can use your own cleansers (your typical double cleansing products), but make sure it's suited your skin. The next thing you need to do is adding the other cleansers. The basic thing is:
Aku selalu melakukan triple cleansing karena rasanya memang lebih baik daripada double cleansing yang biasa aku lakukan. Kalau kalian mempunyai masalah yang sama denganku, aku bisa menyarankanmu untuk menggunakan metode yang sama. Kamu bisa menggunakan makeup remover/liquid cleanser yang tanpa dibilas dan face wash yang biasa kamu pakai, dan pastikan kalau itu sesuai dengan kondisi kulitmu dan cocok juga di kulitmu. Lalu, kamu bisa menambahkan cleanser ketiga. Jadi, prinsipnya adalah:
  • Makeup remover/liquid cleanser with no rinse/micellar water - first cleanser
  • Cleansing lotion/cleansing milk/cleansing balm/cleansing oil - second cleanser
  • Facial foam - third cleanser

The products that I'm currently using is Garnier Micellar Cleansing Water (read the review here) as my first cleanser, Cetaphil Gentle Skin Cleanser (review soon) as a cleansing lotion, and Acnes Creamy Wash as the regular face wash (review also soon). I can change those products whenever my skin condition changes. Again, I mention that my skin type is oily-combination. Since my skin currently having acne, I use the products that is formulated for acne care.
Produk yang sedang aku pakai adalah Garnier Micellar Cleansing Water (review Garnier baca di sini) sebagai first cleanser, Cetaphil Gentle Skin Cleanser sebagai second cleanser, dan Acnes Creamy Face Wash sebagai third cleanser atau pembersih muka yang ketiga. Sekali lagi, aku memiliki kondisi kulit yang normal-berminyak. Dan sejak concernku adalah acne, aku menggunakan produk-produk yang diformulasikan untuk wajah berjerawat.

Here's the steps:

1. Makeup remover/micellar water. I use Garnier Micellar Cleansing Water "Pure Active" that is suitable for oily and acne skin. I put the right amount of it to the cotton and rub gently. It's perfect for me cause it's light and doesn't feel sticky. Plus, it cleanses really well. It's important for the next step.
Aku menggunakan Garnier Micellar Cleansing Water "Pure Active" yang cocok untuk kulitku yang berjerawat. Aku tuangkan beberapa tetes di kapas dan menyapukannya ke wajah dengan halus. Aku suka produk ini karena nggak sticky. Plus, micellar water ini benar-benar membersihkan dengan bersih. Sangat penting untuk step selanjutnya.

2. Cleansing Lotion. I like Cetaphil really much once I discovered it and never gonna leave it, cause my skin become smoother, cleaner. If the micellar water doesn't do the perfect job, Cetaphil can help remove the excess dirt. I put around 1 cm diameter/a pump of Cetaphil on my hand, then apply to my skin. After that, I rinse with water.
Aku benar-benar cinta banget sama produk ini setelah aku menemukannya, soalnya kulitku jadi lebih halus, dan lebih bersih. Kalau masih ada sisa-sisa kotoran yang tidak bisa dibersihkan oleh micellar water , Cetaphil bisa membantu mengangkat sisa-sisa kotorannya.

3. Facial Foam. We have to make sure that our skin is cleansed well. So, the last thing we need to do is to use the face wash to total remove the dirts. It is perfect to use a bubble maker, since it's the foam which will lift the dirt from the face.
Kita harus memastikan kalau wajah kita sudah benar-benar bersih. Jadi, step terakhir yang kita lakukan adalah menggunakan face wash untuk menghilangkan semua kotoran yang ada di wajah. Lebih baik kalau kita pakai bubble maker, karena justru foam dari face wash lah yang dapat mengangkat kotoran-kotoran tersebut.




I also have a little tip of choosing the right cleansing products for your face:
Aku juga punya sedikit tips bagaimana cara memilih cleanser sesuai dengan keadaan kulitmu:

Oily
Make sure the oily skin avoid whatever the oil-based products, cause if you use it, it's the same like you're adding the oil to your skin. Better to use a water base products or which is formulated for oily skin. Cleansing foam is still good, but remember always based on your skin's need.
Pastikan untuk tidak menggunakan oil-based produk, soalnya kalau kalian memakai oil-based di wajah yang sudah oily, yang ada malah menambah minyak kan? Jadi, itu sama sekali tidak mengatasi, justru menambah buruk. Lebih baik menggunakan produk yang water-base dan yang diformulasikan untuk kulit berminyak. Kalian masih bisa memakai cleansing foam/face wash, yang penting tetap harus cari produk khusus untuk wajah berminyak.

Dry
The opposite of oily skin, your skin even needs a little bit more oil to make it not too dry anymore. So, the oil-based cleanser might be perfect for your skin and won't make your face feel sticky when using it and even your skin will be added a little moisture by.
Berbeda dengan kulit berminyak, kulit kering justru butuh minyak agar tidak begitu kering. Jadi, oil-based pasti akan sangat cocok dan tidak terasa berat di kulit kalian dan bahkan akan menambah kelembaban.


Another tip:
- Make sure your hands are clean before you cleanse your face. It's really important, cause (ya know), our hands got so much bacteria if we don't rinse it.
- Use a bubble maker for your cleansing foam. It will cleanse your skin well.
- Choose the right cleanser and skin care for your skin! Cause the right product will help you get a better skin.
- Pastikan tangan sudah bersih sebelum membersihkan wajah. Ini benar-benar sangat penting, soalnya tangan kita juga tempatnya bakteri tanpa kita sadari.
- Gunakan bubble maker untuk cleansing foam karena akan jauh lebih membersihkan.
- Pilih produk cleanser dan skin careyang benar-benar sesuai dengan kulit! Karena produk yang tepat akan membantu membuat kulitmu jadi lebih baik, kan?


The key of a flawless skin is the cleanser. If your face isn't cleansed well, no matter how good or expensive skincare you have, it won't work on your skin. Instead, it will work perfectly if you cleanse your skin well. And always remember to have the product that suits your skin, that's comfortable, and good. If your skin is cleansed perfectly, the skincares will work well since there is no dirt that bothers your skin. The result is, you'll get your flawless skin!
Kunci dari kulit mulus adalah pembersihnya. Jika kulitmu tidak dibersihkan dengan baik, nggak peduli mau semahal apa skin care yang kamu pakai, tetap deh nggak akan bekerja di kulitmu. Kebalikannya, kalau kamu membersihkan kulitmu dengan baik, justru skin care yang sederhana pun akan ampuh membantu mengatasi permasalahan kulitmu. Selalu ingat, kita harus tetap memakai produk yang cocok dengan kulit kita, yang nyaman. Intinya, kalau kulit kita sudah dibersihkan dengan baik, skin care akan juga menyerap dengan baik karena tidak ada kotoran yang mengganggu. Hasilnya, kulitmu akan jadi flawless!


Anyway, this is my version of cleansing. I don't make any new theory, I just share what works on me and I hope it helps :)

2 comments

  1. toner sm makeup remover sama kah?
    punya makeup remover dan pgn beli toner, tp kalo fungsinya sama berati gaperlu toner dong ya._.

    ReplyDelete
  2. Kalo setauku, ada toner yg sekaligus make up remover, ada jg yg nggak. Aku jg punya make up remover sama toner. Hehe. Cmiiw

    ReplyDelete

I like to hear your thoughts! So, don't hesitate to comment :)