Sunday, April 29, 2018

REVIEW: The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%


Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan brand The Ordinary kan? Brand ini banyak yang memuji karena keampuhan produknya dan namanya itu lho, tanpa basa basi. Jadi, setiap produknya diberi nama sesuai dengan kandungan utamanya. Seperti serum yang satu ini nih, The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% yang memang memiliki kandungan Niacinamide dan Zinc di dalamnya.

Kandungan Niacinamide memang terkenal sekali dalam mencerahkan wajah dan menghilangkan jerawat. Nah, The Ordinary ini memiliki presentasi yang lebih banyak dibandingkan kandungan Niacinamide di produk skincare biasanya. Jadi, lebih ampuh untuk mencerahkan wajah. Sedangkan kandungan Zinc-nya berfungsi untuk menyeimbangkan kadar sebum/minyak yang ada di wajah.

Alasan aku memilih produk ini adalah karena aku memiliki noda-noda bekas jerawat yang cukup banyak pasca jerawat stress yang aku alami sejak kurang lebih 1,5 tahun lalu. Memang, jerawatnya sudah pergi sejak berbulan-bulan lalu, tapi bekas jerawatnya masih ada dan sulit banget hilang. Selain itu, wajahku juga mudah kusam. Jadi, aku berharap produk ini bisa menjawab permasalahan kulitku tersebut.

Sebelum beralih ke review, kalian lihat ingredeints-nya dulu ya:


Ingredients:
Aqua (Water), Niacinamide, Pentylene Glycol, Zinc PCA, Dimethyl Isosorbide, Tamarindus Indica Seed Gum, Xanthan gum, Isoceteth-20, Ethoxydiglycol, Phenoxyethanol, Chlorphenesin.

This product is:
Vegan
Alcohol-free
Oil-free
Silicon-free
Nut-free
Cruelty-free

Produk ini memiliki life span selama 12 bulan alias 1 tahun. Tapi, produk ini akan habis sebelum 6 bulan kok kalau kalian memakainya secara rutin. Aku menggunakannya sejak akhir Februari, dan produknya sudah hampir habis. Sudah hanya tersisa sekitar 1/3 botol.

Oiya, produk  ini juga hanya bisa dipakai pagi atau malam saja. Jadi, kalau kalian bangun kesiangan, atau biasanya menggunakan rangkaian skincare sudah nggak begitu pagi, mungkin lebih baik skip produk ini. Haha. Lebih baik, memang bangun lebih awal jadi persiapan juga bisa dilakukan lebih awal. Lebih baik lagi sih memang menggunakannya saat malam, karena produknya dapat bekerja dengan lebih baik.


Awal-awal aku memakai produk ini, teksturnya terasa sangat lengket banget di kulit wajah maupun di tangan. Lalu, setelah diaplikasikan, kok malah wajahku seperti terasa daki-dakinya keluar. Haha. Aku jadi berpikir, apa aku kurang bersih dalam membersihkan muka? Ternyata, setelah aku baca di Instagram storiesnya kak Fika dari blog Mrs Delonika kalau daki-daki tersebut muncul karena ada kandungan 'Gum' di dalam produk ini, lebih tepatnya sih Indica Seed Gum. Jadi, daki-daki tersebut sebenarnya bukan merupakan daki atau kotoran dari wajah.

Untungnya, daki-daki tersebut tidak muncul lagi setelah (sekitar) dua minggu pemakaian. Produknya juga tidak terasa selengket saat pertama kali pengaplikasian. Menurutku, mungkin lengket dan daki-daki tersebut terjadi karena proses penyesuaian di kulitku. Does anybody experience the same?

Produk ini memiliki warna yang bening dengan tekstur ringan yang mirip gel + campuran air. Produknya mudah meresap. Sejauh ini, produk ini sih yang benar-benar paling cepat meresap di kulit. Hanya menunggu beberapa detik, aku sudah bisa memakai produk lain. Oiya, produk ini memiliki desain botol dengan pipet. Jadi, menurutku cukup steril.


Seperti yang sudah kusebutkan di atas, The Ordinary Niacinamid 10% + Zinc 1% ini fungsinya adalah mencerahkan atau menyamarkan noda-noda di wajah sekaligus menyeimbangkan jumlah sebum. Produk ini memiliki banyak review yang bagus, bahkan ada yang menyebutkan kalau noda-noda jerawat mereka bahkan bisa tersamarkan dalam 3 hari. Tapi, ada juga yang memang memiliki pengalaman buruk dengan produk ini dari tidak memiliki efek apa-apa sampai munculnya jerawat.

For me, personally, produk ini bekerja cukup baik di kulit, tapi tidak se-amazing itu sampai 3 hari noda sudah hilang. Noda-noda bekas jerawat perlahan jadi tersamarkan, mukaku juga jadi terlihat semakin bersih. Tapi, memang belum sepenuhnya hilang. Mungkin, karena aku memang hobi mengelupas jerawat dengan tanganku sendiri kalau nanah putihnya sudah mulai muncul atau ketika kering. Jadi, memang agak lebih susah. Hehe. Ya, bagaimana lagi, aku suka nggak tahan dengan jerawat. Huhu.

Untuk masalah menyeimbangkan sebum, memang produk ini tidak menyebabkan kulit jadi berminyak atau greasy sih. Jadi, mungkin akan cocok untuk kulit berinyak. BTW, kulitku memiliki tipe normal.

Mukaku juga tidak sekusam sebelum menggunakan produk ini. Perubahannya memang nggak drastis seperti yang orang-orang bilang. Tapi, setidaknya, kulitku ada sedikit kemajuan.

Oiya, yang aku suka dari produk ini, tanpa disangka-sangka, ternyata bisa membantu meredakan jerawat. Terkadang aku memang masih mengalami jerawat, untungnya jerawat hormonal yang hanya muncul 1 bulan sekali dan hanya 1 atau 2 saja. Kalau pakai produk The Ordinary ini, jerawat-jerawat tersebut nggak langsung membesar atau membandel. Justru, malah meredakan. Jadi, sekarang aku tidak pernah kewalahan dengan jerawat yang merah-merah itu. Tapi, di website-nya sendiri mereka sudah mewanti-wanti kalau produk ini bukan produk untuk perawatan jerawat. Jadi, jangan harap jerawat kalian bisa tiba-tiba hilang dengan menggunakan produk ini.

Selain itu, produknya juga mengklaim kalau pori-pori juga akan mengecil. Tapi, sayangnya, pori-poriku masih tetap kelihatan. Kalaupun mengecil, mungkin benar-benar sangat kecil sampai tidak begitu kelihatan perubahannya.

Overview:
+ Teksturnya ringan, mirip gel + air
+ Meresap dengan cepat
+ Membuat wajah lebih bersih
+ Menghilangkan noda-noda bekas jerawat
+ Mencerahkan kulit kusam
+ Meredakan jerawat (tapi produk ini bukan untuk acne-treatment)
- Produknya sangat lengket pada awal pemakaian (penyesuaian)
- Pada awal pemakaian, muncul seperti daki-daki saat pengaplikasian (penyesuaian)

When to apply?
Apply in the morning and/or evening

Score:
4/5

Price:
Around IDR 200.000

Will I repurchase this product?
Yes, but I want to try another product

Will I recommend this product?
Yes! I will recommend to those who have acne-scare, dullness, uneven skin-tone problems of skin.

Where to buy?
benscrub.com
houseofmakeup (PO)

Kalau menurut Liah Yoo, seorang skincare guru, The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% ini sangat ampuh mengatasi permasalahan kulit kusam, bekas jerawat, dan kulit tidak merata kalau digunakan bersamaan dengan The Ordinary Magnesium Ascorbyl Phosphate 10%. Aku juga menggunakan produk tersebut. Tunggu review-nya ya! Oiya, kalian bisa tonton video Liah Yoo tentang The Ordinary di link ini ya!

No comments:

Post a Comment

Let me know your thoughts about this post, I'm happy to see it ;)