DIY: Vintage Binder with Divider (Re-design Old Binder)

Halo, apa kabar? Akhirnya bisa kembali lagi menulis setelah lama rasanya tidak mengupdate blog ini. Kemarin, saya baru saja mendesain ulang blog ini, bagaimana nih menurut kalian tentang blog layout saya yang baru? Saya juga ingin menerbitkan artikel baru, tapi sepertinya belum ada ide sampai akhirnya saya ingat kalau belum membuat artikel tentang DIY binder ini.
Hei, how's it going? I finally can write again after quite a long time being away from this blog. Yesterday, I just re-designed my blog so you may notice a different layout in here. How is it? Do you like it? I also wanted to post something but I have no idea what to post until I remember that I haven't posted this DIY scrapbook yet.

Kali ini, aku saya akan menunjukkan sebuah DIY yang sebenarnya sudah cukup lama saya buat. Seperti yang bisa kalian lihat dari judulnya, saya ini saya buat dari binder lama saya yang saya punya sejak SD. Karena saya merasa kalau binder saya memiliki cover yang terlalu kekanak-kanakan, jadi saya kepikiran untuk merubahnya. Hehe.
This time, I wanted to show my DIY that I've made actually in quite a long time. As you can see from the title, this scrapbook was made from my old binder I have it since elementary. Since I'm grown up enough and not a kid anymore now, so I intended to re-design it.

Saking sukanya dengan design yang telah saya buat, scrapbook ini bahkan saya pakai sebagai buku catatan di kelas perkuliahan lho! Hehe.
As I really like it, I even use it to take notes in class. Hehe.

Sayangnya, saya nggak memfoto semua langkah-langkahnya. Jadi, semoga langkah-langkah yang saya tulis nanti cukup memudahkan kalian ya!
Unfortunately, I didn't take all the step by step in making this DIY scrapbook. However, I hope the step by step that I'm gonna write below is clear enough for you.


Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah Thing you will need:
- Binder lama Old binder
- Kertas karton tipis Thin cardboard
- Lem UHU/lem bening untuk dekorasi Crafting glue
- Double tape
- Gunting Scissors
- Cutter
- Washi tape
- Pelubang kertas Paper hole punch
- Kain sisa Leftover fabric
- Tali nylon Nylon cord
- Glitter
- Lain-lain Other thing may need


PS:
Kalian bisa menambah pernak-pernik sesuka kalian. Disini, saya menggunakan barang-barang yang ada di sekitar saya yang mungkin berguna. Sampai-sampai, tisu pun saya gunakan di sini. Hehe.
You may add the decoration supplies as you want. Try to find something that might useful for this DIY in your room, I did that as well. I even use the tissue to decorate to divider.

Step by step:
Cover:

  1. Ukur kertas karton sesuai dengan ukuran cover bindermu. Gunting sebanyak empat kali, lalu tempelkan di sisi cover depan bagian luar dan dalam, serta cover belakang bagian luar dan dalam juga. Measure the cardboard the same as the binder cover. Cut it four times, then glue it to the front cover outside and inside (the pastedown side), as well as the back cover outside and inside.
  2. Ukur juga sisi spine (tulang belakang buku) dengan karton. Gunting dan tempel tepat pada sisi spine tersebut. You also need to cover the spine using the cardboard.So do the same like step 1 but make sure to measure the spine, not the cover.
  3. Waktunya menghias! Sebenarnya, kalian bisa menghias sesukanya. Tapi, di sini saya menggunakan kain bekas untuk menghias sebagian besar cover binder-nya. Ditambah juga dengan tali nylon yang saya lem satu per satu, sedikit lace, dan washi tape. Time to decorate! Actually, it's really up to you, but here I was using a leftover fabric to decorate most of the cover sides. I also added the nylon cord, a lace, and the washi tape which matches the fabric.
  4. Setelah selesai menghias covernya, untuk menutupi bagian tepi, gunakan wahi tape yang senada dengan keseluruhan warnanya. After done decorating, I use washi tape to fix the edges, so it looks neat.

Pembatas buku/Divider:

  1. Ukur kertas karton sebesar kertas binder, tapi tambahkan tab pada pinggirnya. Pastikan tab pada setiap divider memiliki letak yang berbeda. Gunting. Measure the cardbord the same as binder paper, but make sure to add the tab in the edge. Also don't forget to make a different tab position in each divider. Then, cut.
  2. Setelah dipotong, jangan lupa lubangi sisi lainnya dengan pelubang kertas. After being cut, add the hole with the paper hole punch.
  3. Hias sesuka kalian. Decorate as you like.

Jadi deh! Mudah kan membuatnya? Kalian juga tidak perlu keluar uang banyak untuk membuat binder baru, kalian juga bisa menyesuaikan desain-nya sesuai yang kalian mau.
That's it! It's easy, isn't it? You can make a new binder on a budget, and you also can adjust the style as you like.

2 comments

I like to hear your thoughts! So, don't hesitate to comment :)