Cara Menjaga Bibir Lembab Sepanjang Hari (DIY Lip Scrub)


Saya dulu memiliki bibir yang sangat kering dan pecah-pecah. Meskipun sudah pakai lip balm, nggak tahu kenapa bibir saya tetap kembali pecah. Padahal sudah mencoba berbagai lip balm, tapi hasilnya tetap sama. Matte lipstick juga serasa menjadi nightmare buat saya, karena hasilnya akan pecah-pecah juga. Really not looking good.

Saya juga pernah membaca di sebuah artikel, kalau bibir kering cenderung memiliki warna yang lebih hitam dari aslinya. Pasti nggak ada yang mau memiliki bibir hitam kan? Akhirnya saya cari tahu kenapa walaupun sudah pakai lip balm, bibir saya tetap kering. Ternyata, mungkin bibir saya nggak pernah di-exfoliate.

Akhirnya, mulailah saya sekitar 2 tahun lalu membeli sebuah lip scrub. Kalau kalian pernah membaca artikel lip essentials saya, pasti tahu lip scrub yang saya maksud. Setelah menggunakan lip scrub, bibir saya mulai membaik. Nggak separah seperti dulu lagi keringnya. Malah lebih lembap. Setelah itu, saya jadi nggak bisa lepas dari lip scrub.

Lalu, karena produknya handmade, saya jadi kepikiran untuk membuat sendiri di rumah. Jadi, saya juga tahu bahan-bahan apa yang dipakai. Akhirnya, setelah research, saya berani deh bikin lip scrub sendiri.

Setahu saya, paduan gula + madu tersebut berguna untuk bibir karena gula bisa digunakan sebagai agen exfolian, sedangkan madu bisa mencerahkan dan melembapkan kulit.



Anyway, saya nggak punya takaran pasti. Jadi, cuma kira-kira aja, yang penting teksturnya tidak terlalu encer dan tidak terlalu padat. Rumusnya hanya gula + madu. Bisa juga ditambahkan dengan perasan lemon atau jeruk nipis kalau ingin mencerahkan warna bibir. Tapi, hati-hati juga karena lemon/jeruk nipis terlalu acidic, jadi kalau terlalu sensitif lebih baik nggak usah ditambahkan.

Bahan-bahan: gula + madu
Optional: perasan lemon/jeruk nipis

Tadinya, saya selalu menggunakannya saat mandi, yaitu sebanyak 2 kali sehari. Tapi, jangan ikut-ikutan ya, karena sebenarnya itu overexfoliate. Hehe. Meskipun 100% natural, tetap saja sih kalau digosok-gosok ke permukaan kulit setiap hari, kulit juga akan rusak. Normalnya sih, pakai saja 2 - 3 kali seminggu. Saya pun sekarang juga hanya pakai 2 kali seminggu.

How to:

  1. Basuh bibir dengan air
  2. Aplikasikan lip scrub pada bibir, gosok dengan gerakan memutar dan perlahan selama 1 - 3 menit.
  3. Setelah digosok, apply sedikit madu pada bibir. Tunggu beberapa detik, setelah itu bilas dengan air.
  4. Aplikasikan lip balm agar bibir tetap lembap.

Wajib banget hukumnya untuk mengaplikasikan lip balm setelah scrubbing supaya bibir tetap lembap. Kalau tidak, bibir justru akan semakin kering soalnya eksfoliasi membuat kelembapan bibir jadi hilang. Penting juga untuk tidak menggosok bibir terlalu harsh, karena kalau terlalu harsh bisa jadi permukaan bibir malah jadi terluka.

Trust me, setelah rutin menggunakan lip scrub, bibir saya sudah nggak sekering dulu. Bahkan, pakai matte lipstick pun jadi nggak pecah-pecah lagi. Dengan catatan, saya tetap mengaplikasikan lip balm sih sebelumnya. Oiya, dengan lip scrub ini, saya merasa kalau lip balm jadi lebih bekerja di bibir. Alias, membantu mempertahankan kelembapan bibir. Jadi, bibir nggak mudah pecah-pecah lagi.

Seperti yang saya sebutkan di atas, bibir saya memang rentan pecah-pecah dan kering. Namun, setelah saya rutin menggunakan scub ini, bibir saya terlihat lebih sehat dan jauh lebih terawat.

Ternyata, kunci untuk bibir lembap sepanjang hari adalah exfoliation + moisturizing. Eksfoliasinya menggunakan lip scrub, sedangkan moisturizing dengan menggunakan lip balm.

The key: exfoliation (scrubbing) + moisturizing (lip balm)

I hope this post is helpful enough! Selamat mencoba~

2 comments

  1. I used to make honey+sugar lip scrub too but I felt like it was too much work haha, so I brush my lips with toothbrush instead. But my lips are dark too so maybe I'd apply honey before bed. Hopefully that will work. Btw, I recommend Nivea Soothe and Protect for lips. I love it. Not greasy and has spf <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. It is, but I enjoy making it. LOL. I used to apply honey before bed too! Aw thanks for the recommendation, probably gonna purchase it soon. Thanks for visiting my blog again :)

      Delete

I like to hear your thoughts! So, don't hesitate to comment :)