REVIEW: Rose All Day The Realest Lighweight Foundation - Light

Ada yang bisa menebak foundation yang akan saya review kali ini berasal dari mana? Well, sepertinya sih sudah banyak yang tahu ya, tapi saya yakin masih ada juga yang belum tahu dengan foundation buatan Indonesia ini. Yup, you read it right, produk ini memang buatan Indonesia.


Rose (dibaca: ro-se) All Day merupakan local cosmetic brand baru yang mengusung tema makeup no makeup. Alias makeup yang natural. Masalah makeup, saya juga memang suka yang natural dan nggak berlebihan. Makanya itu saya excited dan ingin cepat-cepat beli foundie ini. Hihi. Produknya sendiri baru dua saja, yaitu The Realest Lightweight Foundation dan Lip and Cheek Duo.


Mari kita bahas foundation-nya! Kalau menurut saya sih, foundie ini banyak keunggulannya. Lihat saja foto di atas. Produknya mengandung Hyaluronic Acid yang merupakan Moisturizing Agent, Zinc yang melindungi kulit dari sinar UV, Vitamin C yang mencerahkan dan meratakan warna kulit, dan Vitamin E yang kaya antioksidan. Diformulasikan juga tanpa Paraben, Phthalates, Sulfates dan gluten. Produknya juga Cruelty-Free.

Ingredients: 
Aqua, Cycdlopentasiloxane, Zinc Oxide, Dimethicone, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Butylene Glycol, Caprylyl Methicone, Cyclomethicone, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Glycerin, Phenyl Trimethicone, PEG-10 Dimethicone Benzophenone 3, DimethiconeNinyl Dimethicone Crosspolymer, PEGIPPG 20/15 Dimethicone, Hexyl Laurate, Cetyl PEG/PPG-10/1 Dimethicone, Sodium Chloride, Polyglyceryl-4 Isostearate, Phenoxyethanol Stearic Acid, Alumina, Sodium Ascorbyl Phosphate, Tocopheryl Acetate, Aluminum Hydroxide, Dimethicone/Methicone Copolymer, Triethylene Glycol, Silica, Methicone, Hydrolyzed Hyaluronic Acid May Contains: CI 77891, CI 77492, CI 77491,CI 77499


Lifespan:
Produk ini tidak memberi keterangan lifespan. Tapi, expired-nya masih cukup lama, yaitu Mei 2021. Saya sendiri baru beli sekitar bulan Mei lalu. Jadi, saya masih bisa pakai selama 3 tahun kedepan. Yay. Asik. Nggak perlu cepat-cepat menghabiskan. Hehe. Secara, saya kalau pakai foundie juga nggak sering, ya di acara-acara tertentu saja. Jadi, hal ini cukup menguntungkan lah buat saya.


Packaging:
Siapa sih yang tidak gemas dengan foto di atas? Huhu. Saya aja sambil nulis begini tetap masih gemas dengan packaging-nya. Really aesthetic. Harap maklum, saya merupakan salah satu pemuja aesthetic, jadi ya..saya suka banget dengan packaging yang simple tapi menarik ini. Tidak terlalu banyak ornamen dan desainnya box-nya beda dari yang lain.


Tube:
Disamping packaging, hal lain yang saya suka adalah desain tube-nya. Selain memudahkan produknya keluar tanpa 'bleber', produknya juga nggak akan tumpah. Jadi, lumayan travel-friendly. Memang sih, ukuran tube-nya nggak bisa dibilang kecil atau travel size. Seperti foundie biasanya yang isinya sebanyak 30ml. Tapi, karena desain pumping-tube-nya bikin tidak gampang tumpah. Pasti kalian juga rela kokbawa foundie ini untuk travelling.

Shade:
Shade alias warna yang saya punya ini adalah warna Light. Sayangnya nih, foundie ini hanya memiliki 4 shade saja, yaitu Fair, Light, Beige, dan Honey. Awalnya saya bingung, shade mana yang saya pilih antara Light atau Beige. Takutnya, kalau Light terlalu terang, kalau Beige terlalu gelap. Haruskah saya beli dua-duanya? T.T Haha. Bercanda kok. Akhirnya, saya pilih warna Light, untungnya cocok di kulit saya. Btw, shade Light ini cocok untuk kulit terang dengan undertone netral hingga warm.

Texture & Finish:
Untuk teksturnya sendiri, menurut saya sih agak kering. Kalian bayangkan aja Foundation yang hasilnya matte. Nah, kurang lebih seperti itu. Kalau tidak cepat-cepat diratakan pun, foundie-nya akan sulit di-blend. Jadi, mungkin kalau mau aplikasi ke wajah, lebih baik aplikasikan sedikit demi sedikit kali ya. Contohnya, menyelesaikan bagian pipi kanan, baru dilanjutkan bagian pipi kiri. Tapi, yang mengejutkan dari foundie ini adalah finish-nya glowy. Kalau kata Dwi Handayani sih, finish-nya seperti BB Cushion. Anyway, saya memang lebih suka finish yang glowy, sih. Hehe. Enaknya lagi, teksturnya memang se-ringan itu sih. Selain itu, meskipun teksturnya agak kering, tapi tidak membuat kulit terasa kering. Hehe

Review:
Notice the difference? Well, I actually do. Haha. Tapi, perbedaannya hanya sedikit kan, seperti warna kulit jadi makin rata saja. Untuk coverage-nya, menurut saya sih sheer to medium. Jadi, memang nggak terlalu meng-cover imperfection seperti bekas jerawat atau undereye. Sedikit menutupi sih memang, cuma nggak benar-benar tertutupi. Hampir seperti nggak pakai foundie sih memang. Sesuai lah dengan tagline-nya: Your Skin (But Better). Yang saya juga suka sih sebenarnya, entah kenapa, makin lama foundie ini stay di kulit saya, rasanya foundie ini juga makin menyatu dengan kulit. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, foundie ini sangat ringan di pakai. Saya juga sudah sebutkan di atas ya, kalau finish-nya glowy atau dewy. Meskipun dewy, tapi foundie ini tidak lengket di kulit. Hmm. Gimana ya, menjelaskannya. Hehe. Ya pokoknya, mungkin karena tekstur foundie-nya agak kering, jadi meski finish-nya dewy, foundie-nya tidak 'basah' di wajah. Sepertinya akan sangat nyaman dipakai kulit berminyak. Saya sih, biasanya nggak menggunakan bedak setelah menggunakan foundie ini. Tapi, kalau kalian ingin memiliki finish  yang matte, mungkin kalian bisa gunakan bedak setelahnya. Kalau daya tahan, hmm..sepertinya biasa saja. Foundie ini tidak bisa dibilang awet, tidak bisa dibilang cepat luntur juga, sih.

Overview: 
+ Cute packaging
+ Tube-nya anti tumpah dan travel friendly
+ Cocok untuk natural makeup
+ Mengandung UV Protection (Zinc)
+ Cruelty Free
+ Tidak membuat kering/cracky
+ Meratakan warna kulit 
+ Sangat ringan di kulit, feels like not wearing any foundie
+ Expired-nya cukup lama
+ Dewy finish
+ Tidak Lengket
+ Sheer to medium coverage
- Shade-nya terbatas (hanya 4 saja)
- Teksturnya agak mudah kering
- Keawetannya biasa saja

Score:
5/5

Price:
IDR 209.000

Will I repurchase this product?
Definitely.

Will I recommend this product?
It's yes. Of course. Especially for those who like natural makeup and dewy finish.

Where to buy?

Sejauh ini, ini adalah Foundation yang selama ini saya cari. Sebagai pecinta natural makeup sekaligus dewy look, saya sih beruntung sekali udah bertemu dengan foundie dari Rose All Day ini. Kesannya lebay ya. Hehe. Tapi, saya memang se-suka itu. Sepertinya juga banyak yang sependapat dengan saya. Kalau kalian penasaran, silahkan di coba ya produk yang satu ini. Worth the penny, kok! *racun* Siapa tau kita sependapat :p

4 comments

  1. Ini kayaknya emang jenis foundation buat sehari-hari yaa. Agak gimana gitu sebenarnya foundie sehari2 harganya segitu:'')) tp karena pekejing ntap dan formulanya bikin kulit terlihat sehat gituu kayaknya asik buat dicoba. Aku juga kebingungan nih pilih shade-nya huhu moga ntr ngga salah pilih shade hahah :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk iya juga ya, lumayan mahal. Apalagi buat foundie lokal. Tapi..menurutku sesuai sama kualitasnya kok ;)

      Delete
  2. aku pikir ini medium to full coverage, ternyata sheer ya. :( fix, dikulit aku yg penuh dosa ga akan cocok ini foundie dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya niih. Kayanya gara2 emang buat daily jadi gk full coverage

      Delete

I like to hear your thoughts! So, don't hesitate to comment :)